Kotoran sapi jadi sumber energi alternatif


SURABAYA: PT Prajadwipa Profesional mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kotoran sapi, sebagai sumber energi alternatif.

Direktur PT Prajadwipa Profesional, Puguh Iryantoro, menyatakan sumber daya lokal seperti kotoran sapi bisa membantu mengurangi beban kebutuhan energi mineral di Indonesia.

Dari data yang ada, Indonesia rata-rata mengkonsumsi 1,7 juta barrel minyak bumi per hari, itu berarti di tahun 2010 nanti Indonesia diprediksi menjadi negara pengimport BBM terbesar di Asia, ungkap Puguh di Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Jumat (13/3).

Berdasarkan data tersebut, Puguh dan team, bekerjasama dengan salah satu BUMN, mengajak masyarakat di beberapa daerah untuk memberdayakan kotoran sapi sebagai sumber bioenergi.

Daerah yang sudah berhasil menjalankan program bioenergi ini adalah Pacitan kecamatan Bandar, sudah ada sebelas unit lokasi biogas di sana, terang Puguh.

Program biogas ini membutuhkan 130kg kotoran sapi untuk menghasilkan energi sebesar 1KW, jika dirata-rata ini berarti membutuhkan 13 ekor sapi untuk diambil kotorannya. Ini salah satu kendalanya, tenaga 1KW bisa dimanfaatkan untuk 4 keluarga, sedangkan tiap keluarga rata-rata hanya memiliki 2-3 ekor sapi, jadi jumlahnya belum mencukupi, terang Puguh.

Puguh menjelaskan untuk satu unit lokasi biogas, memerlukan dana sebsar Rp18 juta. Untuk sementara ini masih didanai oleh salah satu BUMN.

Setelah Pacitan, proyek ini rencananya akan dibuat di daerah Pasuruhan dan Trenggalek. Dengan adanya proyek bioenergi ini diharapkan akan dapat menciptakan kemandirian energi sekaligus menopang kebutuhan pupuk yang berujung pada kemandirian pangan bagi masyarakat Indonesia, terang Puguh.

Bioenergi dianggap oleh beberapa kalangan tidak ramah lingkungan. Padahal jika dimanfaatkan secara benar, justru dapat mendukung pelestarian lingkungan, tambahnya.(Kb5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Meta

  • %d blogger menyukai ini: