PENGARUH TEPERATUR PEMANASAN DAN MEDIA QUENCHING TERHADAP SIFAT MEKANIKPADA BAJA AMUNITIT SK

Abstract

 

Baja merupakan salah satu unsur terpenting dalam bidang konstruksi, pemesinan maupun perkakas. Ilmu dan teknologi bahan telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu bidang tersendiri dimana pengembangan berintikan tema tertentu yaitu konsep bahwa sifat dan kelakuan bahan berhubungan erat dengan struktur intern dari bahan tersebut. Hasilnya agar sifat dapat diubah-ubah, harus diadakan perubahan yang sesuai pada struktur intern bahan.
Untuk mengetahui lebih jauh sifat mekanik dari baja, maka dalam skripsi ini akan dibahas tentang. PENGARUH Temperatur Pemanasan DAN MEDIA QUENCHING TERHADAP SIFAT MEKANIK PADA BAJA AMUNUTIT S(K460). Pengujian ini didasarkan pada kajian literatur serta hasil pengujian dilapangan. Material yang digunakan yaitu baja AMUNITIT S(K460) yang mempunyai kandungan 0,95%C; 0,25%Si; 1,10%Mn; 0,55%V; 0,55%W. Pemakaian baja tersebut seperti peralatan cetak, perkakas pemotongan dan sebagainya.
Dari hasil pengujian perlakuan panas proses hardening dan dengan perbedaan media quenching maka material baja AMUNITIT S (K460) mengalami perubahan sifat mekaniknya, yang mana kekuatan tarik dan nilai kekerasan mengalami kenaikan dibandingkan sebelum mengalami perlakuan panas, sedangkan untuk kekuatan impact mengalami penurunan pada temperatur 900?C.

 Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/141/jiptummpp-gdl-s1-2006-bayuargose-7042-PENDAHUL-N.pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Meta

  • %d blogger menyukai ini: