Kisah Bioenergi di Desa Pontang

Dusun Krajan Desa Pontang Kecamatan Ambulu ditunjuk sebagai salah satu desa wisata mandiri pangan bioenergi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Di wilayah ini populasi ternak sapi besar. Sangat memungkinkan untuk mengembangkan bioenergi dari kotoran sapi. Pemerintah desa setempat menargetkan jumlah pemakai bioenergi tahun ini menjadi 10 rumah tangga. Sementara, tahap awal ini baru empat rumah tangga saat ini sudah menggunakan bionergi untuk kebutuhan memasak.

Suparman, warga setempat, kini telah beralih ke bionergi dan tidak lagi menggunakan kompor gas. Tahun 2010 ia menerima bantuan bangunan dan peralatan kompor dari pemprov.

Awalnya untuk membuat energi alternatif ini ini dibutuhkan  kotoran sapi  yang masih basah setidaknya sebanyak 2 ton, untuk memenuhi jumlah sebanyak itu, Suparman dibantu kawan-kawanya terpaksa meminta kotoran sapi dari warga sekitar.

“Proses pembuatannya cukup sederhana. Kotoran sapi dimasukkan ke dalam tabung penyimpanan yang terbuat dari semen dengan memiliki lebar 5 meter dan kedalaman 2 meter. Selanjutnya kotoran sapi tersebut diberi campuran air dan diaduk diproses selama 4 jam sebelum siap menjadi bioenergi.

Dalam sehari, setidaknya dibutuhkan kotoran dari 4 ekor sapi agar tabung penyimpanan itu penuh. Melalui proses fermentasi kotoran sapi yang dilewatkan melalui pipa paralon tersebut, siap dihasilkan bionergi.

Prinsipnya penggunaan sumber energi alternatif bioenergi ini tidak ada ubahnya dengan saluran air Perusahan Derah Air Minum (PDAM). Saluran air dialirkan melalui pipa ke rumah-rumah. Semakin banyak pelanggan yang menggunakan air PDAM dalam waktu yang bersamaan debitnya akan mengecil. Demikian halnya dengan bioenergi dari kotoran sapi  ini.

Sumber==>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Meta

  • %d blogger menyukai ini: