F-22 Raptor

F-22 Raptor adalah pesawat tempur siluman buatan Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya direncanakan untuk dijadikan pesawat tempur superioritas udara untuk digunakan menghadapi pesawat tempur Uni Soviet, tetapi pesawat ini juga dilengkapi peralatan untuk serangan darat, peperangan elektronik, dan sinyal intelijen. Pesawat ini melalui masa pengembangan yang panjang, versi prototipnya diberi nama YF-22, tiga tahun sebelum secara resmi dipakai diberi nama F/A-22, dan akhirnya diberi nama F-22A ketika resmi mulai dipakai pada Desember 2005. Lockheed Martin Aeronautics adalah kontraktor utama yang bertanggungjawab memproduksi sebagian besar badan pesawat, persenjataan, dan perakitan F-22. Kemudian mitranya, Boeing Integrated Defense Systems memproduksi sayap, peralatan avionik, dan pelatihan pilot dan perawatan.

== Sejarah ==
[[Berkas:YF-22.jpg|thumb|240px|YF-22, pesawat pengembangan yang menjadi dasar untuk pembuatan F-22.]]
[[Advanced Tactical Fighter]] (ATF) merupakan kontrak untuk demonstrasi dan program validasi yang dilakukan [[Angkatan Udara Amerika Serikat]] untuk mengembangkan sebuah generasi baru pesawat tempur superioritas udara untuk menghadapi ancaman dari luar [[Amerika Serikat]], termasuk dikembangkannya pesawat kelas [[Su-27]] era [[Soviet]].

Pada tahun [[1981]], Angkatan Udara Amerika Serikat memetakan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebuah pesawat tempur baru yang direncanakan untuk menggantikan [[F-15 Eagle]]. ATF direncanakan untuk memadukan teknologi modern seperti [[logam]] canggih dan [[material komposit]], sistem kontrol mutakhir, sistem penggerak bertenaga tinggi, dan teknologi pesawat siluman.

Proposal untuk kontrak ini diajukan pada tahun [[1986]], oleh dua tim kontraktor, yaitu [[Lockheed]]-[[Boeing]]-[[General Dynamics]] dan [[Northrop]]-[[McDonnell Douglas]], yang terpilih pada Oktober [[1986]] untuk melalui fase demonstrasi dan validasi selama 50 bulan, yang akhirnya menghasilkan dua prototip, yaitu YF-22 dan [[YF-23]].

Pesawat ini direncanakan untuk menjadi pesawat [[Amerika Serikat]] paling canggih pada awal [[abad ke-21]], karena itu, pesawat ini merupakan pesawat tempur paling mahal, dengan harga US$120 juta per unit, atau US$361 juta per unit bila ditambahkan dengan biaya pengembangan.  total biaya pengembangan program ini adalah US$70 miliar, menyebabkan jumlah pesawat yang direncanakan akan dibuat turun menjadi 438, lalu 381, dan sekarang 180, dari rencana awal 750 pesawat. Salah satu faktor penyebab pengurangan ini adalah karena [[F-35 Lightning II]] akan memiliki teknologi yang sama dengan F-22, tapi dengan harga satuan yang lebih murah.

=== YF-22 ‘Lightning II’ ===
YF-22 merupakan pesawat pengembangan yang menjadi dasar untuk pembuatan F-22 versi produksi. Namun, ada beberapa perbedaan signifikan antara keduanya, yaitu perubahan posisi [[kokpit]], perubahan struktur, dan banyak perubahan kecil lainnya. Kedua pesawat ini sering tertukar pada foto-foto, umumnya pada sudut pandang yang sulit untuk melihat fitur-fitur tertentu. YF-22 diberikan julukan ”Lighting II” oleh [[Lockheed]], nama ini bertahan sampai pertengahan [[1990-an]]. Untuk beberapa waktu, pesawat ini juga sempat diberi julukan ”SuperStar” and ”Rapier”. Namun F-35 kemudian secara resmi mendapat nama ”Lighting II” pada [[7 Juli]] [[2006]].
YF-22 mendapatkan kontrak ATF setelah memenangkan kompetisi terbang mengalahkan [[YF-23]] buatan [[Northrop]]-[[McDonnell Douglas]]. Pada [[April]] [[2002]], pada saat pengetesan, prototip pertama YF-22 jatuh ketika mendarat di [[Pangkalan Udara Edwards]] di [[California]]. Sang tes pilot, Tom Morgenfeld, tidak terluka. Penyebab jatuh ini adalah kesalahan pada [[perangkat lunak]].

=== Produksi ===
[[Berkas:F-22 assembling1.jpg|thumb|240px|Proses produksi F-22.]]
F-22 versi produksi pertama kali dikirim ke [[Pangkalan Udara Nellis]], [[Nevada]], pada tanggal [[14 Januari]] [[2003]]. Pengetesan dan evaluasi terakhir dilakukan pada [[27 Oktober]] [[2004]]. Pada akhir 2004, sudah ada 51 Raptor yang terkirim, dengan 22 lagi dipesan pada anggaran fiskal 2004. Kehancuran versi produksi pertama kali terjadi pada [[20 Desember]] 2004 pada saat [[lepas landas]], sang [[pilot]] selamat setelah ”[[eject]]” beberapa saat sebelum jatuh. Investigasi kejatuhan ini menyimpulkan bahwa interupsi tenaga saat mematikan mesin sebelum lepas landas menyebabkan kerusakan pada sistem kontrol.<ref name=”gs_f22_flight_tests”>”[http://www.globalsecurity.org/military/systems/aircraft/f-22-testfly.htm F-22 Raptor Flight Test].” Pike, J. [[GlobalSecurity.org]].</ref>

=== Pergantian nama ===
Versi produksi pesawat ini diberi nama F-22 Raptor ketika pertama kali dimunculkan pada tanggal [[9 April]] [[1997]] di [[Lockheed-Georgia Co.]], [[Marietta]], [[Georgia]].

Pada [[September]] [[2002]], petinggi Angkatan Udara Amerika Serikat mengubah nama Raptor menjadi F/A-22. Penamaan ini, yang mirip dengan penamaan [[F/A-18 Hornet]] [[Angkatan Laut Amerika Serikat]], bertujuan untuk mendorong citra Raptor sebagai pesawat tempur sekaligus [[pesawat serang darat]], dikarenakan oleh perdebatan yang terjadi di pemerintahan AS tentang pentingnya pesawat tempur superioritas udara yang sangat mahal. Nama ini kemudian dikembalikan lagi menjadi F-22 saja pada [[12 Desember]] [[2005]], dan kemudian pada [[15 Desember]] 2005 F-22A secara resmi mulai dipakai.
[[Berkas:Two F-22 Raptor in flying.jpg|240px|thumb|left|Dua F-22 Raptor. F-22 atas merupakan versi pengembangan, Raptor 01.]]

=== Pembelian ===
Awalnya Angkatan Udara Amerika Serikat berencana memesan 750 [[Advanced Tactical Fighter|ATF]], dengan produksi dimulai pada tahun [[1994]]. Pada tahun [[1990]] Major Aircraft Review mengubah rencana menjadi 648 pesawat udara yang dimulai pada tahun [[1996]]. Tujuan akhirnya berubah lagi pada tahun [[1994]], menjadi 442 pesawat memasuki masa pakai pada tahun [[2003]] or [[2004]]. Laporan Kementrian Pertahan pada tahun [[1997]] mengubah pembelian menjadi 339. Pada tahun 2003, Angkatan Udara mengatakan bahwa pembatasan pembiayaan kongresional yang ada sekarang membatasi pembelian menjadi 277. Pada tahun [[2006]], Pentagon mengatakan akan membeli 183 pesawat, yang akan menghemat $15 miliar tapi akan menaikkan pembiayaan per pesawat. Rencana ini telah mendapat persetujuan ”de facto” dari Kongres dalam bentuk rencana pembelian beberapa tahun, yang masih membuka peluang untuk pemesanan baru melewati titik tersebut. [[Lockheed Martin]] telah mengatakan bahwa pada FY(Fiscal Year/Tahun Fiskal) 2009 mereka sudah harus tahu apakah lebih banyak pesawat akan dibeli, untuk pemesanan barang-barang ”long-lead”.

Pada April 2006, biaya F-22A ditaksir oleh Government Accountability Office menjadi $361 juta per pesawat. Biaya ini mencerminkan total biaya program F-22A total program cost, dibagi jumlah jet yang akan dibeli oleh Angkatan Udara. Sejauh ini, Angkatan Udara telah menginvestasikan sebanyak $28 miliar dalam riset, pengembangan, dan percobaan Raptor. Uang itu, yang disebut sebagai “”[[sunk cost]]”,” telah dibelanjakan dan terpisah dari uang yang digunakan untuk pengambilan keputusan di masa depan, termasuk pembelian kopi dari jet tersebut.

[[Berkas:F-15-F-22-1st Fighter Wing.jpg|thumb|240px|F-22 (atas) dengan pendahulunya, [[F-15]].]]
Saat semua 183 jet telah dibeli, $34 miliar akan dibelanjakan untuk pembelian pesawat udara ini sebenarnya. Ini akan menghasilkan biaya sekitar $339 juta per pesawat udara berdasarkan biaya total program. Kenaikan biaya dari satu tambahan F-22 adalah sekitar $120 juta. Jika Angkatan Udara akan membeli 100 buah tambahan F-22 hari ini, tiap pesawat akan berharga lebih rendah dari $117 juta dan akan terus jatuh dengan tambahan pembelian pesawat.

F-22 bukan pesawat paling mahal yang pernah ada; kekhasan itu sepertinya berpulang pada [[B-2 Spirit]] yang secara kasar bernilai $2.2 miliar per unit; walaupun kenaikan biaya di bawah 1 miliar US Dollar. Untuk lebih adilnya, pemesanan B-2 berubah dari ratusan menjadi beberapa lusin ketika Perang Dingin berakhir sehingga harga per unitnya melangit. F-22 menggunakan lebih sedikit [[bahan penyerap radar]] daripada B-2 atau [[F-117 Nighthawk]], dengan harapan biaya perawatan yang akan menjadi lebih rendah.

( Sumber )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Meta

  • %d blogger menyukai ini: