Pemerintah akan Kembangkan Obat Herbal

AKARTA–MICOM: Pemerintah saat ini sedang mengembangkan kebijakan di bidang kemandirian obat dan bahan baku obat terutama yang berbahan baku herbal asli Indonesia.

Oleh karena itu Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Sri Indrawaty, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (20/4), mengatakan, para pengusaha jamu nasional diminta dapat memberikan masukan dalam menyusun kebijakan dan standar produk herbal nasional yang memiliki mutu dan kualitas yang setara dengan pengobatan
farmasi.

Dalam kunjungan kerja ke pabrik herbal PT Deltomed Laboratories di Solo, Jawa Tengah Sri Indrawaty mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan Kemandirian Obat dan Bahan Baku Obat Direktorat Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan.

“Selain itu meninjau kemajuan industri herbal nasional saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Deltomed Laboratories, Nyoto Wardoyo, mengatakan Deltomed menyambut baik kunjungan kerja pemerintah.

“Pengalaman kami selama 35 tahun dalam mengembangkan industri jamu rumahan menjadi sebuah industri herbal modern berteknologi mutakhir tentu dapat menjadi masukan yang berarti bagi peningkatan kualitas dan daya saing industri obat herbal nasional,” katanya.

Selama kunjungan kerja dua hari di perusahaan tersebut dia mendapat penjelasan mengenai cara pengolahan obat herbal berstandar internasional, serta melakukan peninjauan fasilitas pabrik.

Dirjen mengharapkan,perusahaan farmasi tersebut mampu meningkatkan kapasitas produksi hingga lima kali kali lipat untuk memenuhi permintaan pasar industri herbal, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Untuk meningkatkan kualitas produknya, perusahaan itu menggunakan fasilitas Quadra Extraction System, yaitu sebuah mesin berteknologi Jerman yang dapat menghasilkan ekstrak bahan alami dengan kualitas terbaik.

Selain itu juga menggunakan standar GMP (Good Manufacturing Product) Eropa, GMP Indonesia (CPOTB/Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik), FDA, dan peraturan 3A dalam pembuatan produknya.

Produk-produk Deltomed saat ini telah merambah pasar internasional, di antaranya ke Malaysia, Arab Saudi, Amerika Serikat, Hongkong, dan Brunei Darussalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Meta

  • %d blogger menyukai ini: